Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Makanan Khas Aceh yang Mudah Dibuat-Tasak Telu | PikiranSaja.com

 


PIKIRANSAJA.COM - Tasak telu merupakan makanan yang berasal dari Aceh khususnya Aceh Tenggara Suku Alas makanan ini memiliki rasa yang lezat, makanan ini sangat populer di Aceh Tenggara.

Kenapa namanya Tasak telu atau 3 karna bumbu dari masak telu ini sanggat sederhana, masak telu ini sering di masak oleh ibu-ibu atau muda-mudi yang sedang berkumpul besama teman-teman atau liburan di tempat wisata.


Bahan Tasak Telu ini adalah :
- Bebek kampung, bisa juga mengunakan ayam
- Bawang merah, bawang putih
- Serai
- Cabe rawit
- Lengkuas
- Asam 
- garam
- Raico

Cara memasak Tasak Telu :
Bersihkan bebek atau ayam dengan air kemudian potong kecil-kecil sesuai selera setelah itu nyalakan gas, masukan bebek kedalam kuali atau dandang. 

Ketika memasukan bebek kedalam kuali maka jangan di masukan air dulu tapi tunggu daging bebek mengeluarkan minyak supaya lebih mantap.

Setah minyak bebek keluar kemudian masukan air secukupnya, masukan bawang merah, masukan bawang putih yang sudah di iris kecil-kecil.


Masukan serai dan lengkuas yang sudah di bersihkan dan tumbuknya serai dan lengkuas mengunakan ulokan setelah itu campurkan dengan daging bebek.

Campurkan asam sunti secukupnya, masukan cabai yang sudah di bersihkan, masukan garam, tambahkan juga raico agar lebih mantap dan lebih nikmat.

Setelah bahan tercampur maka tunggulah beberapa menit, aduk-aduk dengan sendok tunggu mendidih kemudia dan mengeluarkan aroma yang lezat, setelah mendidih dan daging bebek sudah lembut  maka tasak telu siap di hidangkan.


Rasa makanan tasak telu sangat rezat dan membuat lidah tak bisa berhenti makan, tasak telu memilki rasa yang asam karna pepaduan bumbu yang menyehatkan, tasak telu juga di percaya memilki banyak khasiat yang di percaya bisa memperkuat tubuh serta menghangatkan tubuh.

Tasak telu sanggat enak untuk di cicipi dan cocok juga di campur dengan nasi, ketika kuah tasak telu di campur dengan nasi maka selera makan kita akan menjadi meningkat tasak telu ini paling enak di nikmati ketika panas.

Silahkan coba resep makanan tasak telu khas Aceh di rumah anda, buatlah keluarga anda ketagihan karna kelezatan tasak telu, masaklah pakai cinta dan kasih sayang agar rasanya lebih Mantul.



Penulis : (Gj)


Post a Comment

0 Comments