Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Kemegahan Masjid Agung At-Taqwa Kutacne-Aceh Tenggara | PikiranSaja.com

 

PIKIRANSAJA.COM - Kabupaten Acen Tenggara berada di daerah pergunungan dengan ketingian 100 meter diatas permukaan laut yang di kelilingin oleh bukit barisan, masjid Agung at-taqwa kini menjadi salah satu pesona kabupaten Aceh Tenggara, masjid Agung At-Taqwa berada di pusat kota Kutacane, masjid Agung at-taqwa kini menjadi salah satu pesona keindahan kabupaten Aceh Tenggara, Aceh.

Keindahan dan kemegahan masjid ini jelas semakin terpancar bersinar jika dilihat pada malam hari, penggunaan warna gelap pada bagian dinding luar masjid membuat warna emas pada kubah-kubahnya terlihat begitu menonjol dan sanggat indah.

Ditambah arsitekturnya dibangun mengikuti gaya Turki berpadu dengan corak khas adat Alas dan Gayo seperti embung mekhangkak bulang tebung, embun mekhangkak bulang tekheh, tampuk gete dan corak indah lainya, sentuhan khas Alas dan Gayo sangat terasa dari ornamen hias di dinding luar bagian atas masjid pada ragam hias kaca jendela dan ragam hias interiornya yang membuat mata takjub dengan keindahanya.

Kemegahan masjid ini juga terlihat dari empat menara dengan lima kubah utama berwarna emas dan beberapa kubah pendampingnya di tengah kramik masjid ini di infor khusus dari negara india yang diperkirakan kekuatanya tahan hingga 500 tahun dan kekuatan pondasi di perkirakan tahan hingga 1000 tahun.

Paduan warna abu-abu, putih dan emas menjadikan masjid agung at-taqwa Kutacane hadir dengan desain interior yang menakjubkan, ragam kaligrafi berwarna emas di tembok dinding bagian dalam serta beragam ornamen lainnya semakin menambah pesona masjid yang diresmikan pada 8 April 2016 ini, tidak hanya mengandalkan keindahan, masjid ini juga dirancang tahan gempa.

Sebelum dipercantik sedemikian rupa, masjid at-taqwa ini berupa bangunan yang sangat sederhana. masjid ini pertama kali didirikan secara gotong royong sejak tahun 1956 dan rampung pada 1962, kini masjid ini menjadi kebangaan masyarakat kutacane, masjid ini pun telah menjadi destinasi wisata religi bagi pengunjung dari luar daerah bahkan luar negeri, hampir setiap harinya ramai dikunjungi para pendatang yang melakukan perjalanan ke Aceh Tenggara.

Masjid ini sering dijadikan sebagai tempat tausih, maklumat, bimbingan kemasyarakatan dan belajar Al-quran, di dalam masjid ini ketika 10 menit mau adzan maka akan terdengar lantunan tilawah quran yang di bacakan oleh Qori terbaik Aceh Tenggara.

Jika teman-teman mengunjungi tempat ini janganlah memakai pakaian yang ketat dan pakailah pakaian yang sopan dan tetap menjaga kebersihan, gelukhni kandung adat mate nikandung khukum sepakat segenep kite kehine, ayo ke Aceh Tenggara, The light of Aceh, wonderful Indonesia.



Penulis : (Gj)


Post a Comment

0 Comments